Gosip

Cie, yang lagi suntuk…

Kalo terjebak dalam situasi kayak gini, biasanya ngapain, nih?

Of course banyak, dong!

Bisa tidur, ngomong-ngomong, makan minum (kalo nggak puasa), dzikir, baca-baca, bersih-bersih

Eh, nggak jarang lho waktu ngomong kita sering nggosip!

Coba deh, dicek lagi…

Jujur. Kalo lagi ber-speak speak, kita lebih suka kan bicarain kejelekannya orang lain?

Terus, sering toh kita kasih ‘bumbu-bumbu’ biar makin seru obrolannya?

Tau nggak, apa yang baru kita lakuin?

Allah bilang, kalo kita tuh baru aja makan bangkai saudara kita sendiri!

Lho, kok bisa? Iya, lah!

Jelas-jelas buktinya terpampang dalam Al-Qur’an. Nih tafsirannya:

 

“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebahagian kamu menggunjing sebahagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.” (QS. al-Hujurat [49]: 12)

 

gosip (2)

 

Makanya sering kaji Islam, dong!

Istighfar, guys…Ucapkanlah astaghfirullah hal ‘adzim…

Taubat kita masih diterima kok, sama Allah.

 

Al Hasan Al Bashri berkata, “Perbanyaklah istighfar karena kalian tidaklah tahu kapan waktu turunnya rahmat.” Lukman pun pernah berkata pada anaknya, “Wahai anakkku, basahilah lisanmu dengan bacaan istighfar (permohonan ampun pada Allah) karena Allah telah memilih beberapa waktu yang do’a orang yang meminta tidak tertolak saat itu”.

 

Udah tau kalo rasa sama baunya bangkai itu nggak enak, kenapa masih kita lakuin juga? Apalagi kalo udah mati?! Hiii…
Rajin-rajinlah puasa, karena sesungguhnya puasa itu penahan diri dari nafsu.

 

“Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhannya, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaithan. Sesungguhnya syaithan itu musuh yang nyata bagimu.” ( QS. Al-Baqarah : 208)

 

“Barangsiapa yang menjadikan syaitan menjadi pelindung selain Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata. Syaitan itu memberikan janji-janji kepada mereka dan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka, padahal syaitan itu tidak menjanjikan kepada mereka selain dari tipuan belaka. Mereka itu tempatnya Jahannam dan mereka tidak memperoleh tempat lari daripadanya.” (QS. An-Nissa [4]: 119-121)

 

“Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. al-Maa’idah [5]: 8)

 

Paham kan, sekarang?

Gosip, apalagi kalo kita bisa saling membenci itu gawat! Termasuk salah satu godaan setan, lho!

Yuk, tunjukkan ketaqwaan kita kepada Allah dengan mengubah kebiasaan menggosip dengan obrolan yang lebih bermanfaat! Bisa kepoin tafsir Al-Qur’an bareng-bareng, nulis dakwah yang so pasti berguna untuk umat, atau diskusi seru seputar masalah kita beserta solusinya. Tuh, kan! Masih banyak hal-hal yang lebih sip untuk kita lakuin daripada nggosip yang terbukti nggak ada untungnya! Malahan, bikin krisis hati dan perasaan… (cie ileh…)

 

gosip (1)

 

Temen kamu masih pada banyak yang nggosip?

Sebagai sesama, udah kewajiban kita untuk menasehati mereka. Omongannya yang halus, ya… Kalo langsung tegur gitu, nanti mereka jadi ngambek ke kita. Jangan pernah lelah buat mengubah diri kita…menjadi lebih baik tentunya. Semakin berjalannya waktu, tetaplah jaga keimanan kita. Maju terus, pantang mundur!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s