Pidato : Cinta

cinta-3

 

Assalamu’alaikum wr. wb.

Salam sejahtera bagi kita semua.

Yang terhormat Bapak/Ibu Guru dan yang saya sayangi teman-teman sekalian. Marilah kita bersyukur kepada Allah karena dengan karunia-Nya kita telah di beri kesehatan. Hari ini, kita akan membahas tentang cinta.

Kita semua pasti tau tentang cinta. Cinta itu indah. Cinta itu membawa kebahagiaan. Dengannya, kita belajar mencintai dan dicintai. Apalagi kalau saat ini kita sedih, tiba-tiba sahabat kita bilang, “Eh, tadi dia nyariin kamu, lho!”. Hati siapa yang tidak berbunga-bunga?

Namun, cinta sering disalahgunakan ke arah yang tidak benar. Banyak yang menderita karena cinta. Banyak yang tersiksa karena cinta. Banyak yang tersakiti perasaannya karena cinta.

Mengapa demikian? Mari kita lihat di sekitar kita. Masyarakat cenderung kebarat-baratan dan mulai melunturkan budaya bangsa. Mereka pikir, hal yang berkaitan dengan luar negeri itu keren. Sehingga ikut-ikutan saja dengan pengaruh negatifnya pula.

Bagaimana tidak? Bahkan untuk pacaran saja sudah tidak tau malu di depan umum. Pergaulan bebas kian marak. MBA (Maried By Accident) merajalela. Ini menunjukkan bahwa nilai-nilai agama di Indonesia sudah mulai pudar.

Mengapa untuk cinta, kita jadi malas belajar? Mengapa karenanya kita hanya berpusat kepadanya semata? Mengapa untuknya kita rela bunuh diri dan saling membunuh? Mengapa kita jadi kehilangan sesuatu yang sangat berharga, masa depan kita? Mengapa kita jadi frustasi?

Perlu saya tegaskan lagi, cinta itu tidak salah. Penggunaannya saja yang kadangkala tidak benar. Jangan gunakan waktu, pikiran, perasaan, dan segala kita untuk hal yang sepele. Orang yang kita sukai tak perlu tau perasaan kita. Orang yang kita sukai tidak perlu jadi pacar kita. Tetapi jadikanlah dia sebagai penyemangat kita untuk menjadi lebih baik lagi. Ada waktunya sendiri bagi kita untuk memikirkannya. Yang terpenting, gunakanlah cintamu di jalan yang benar.

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan. Jika ada salah kata, saya mohon maaf. Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum. wr. wb. 

Iklan