Tips Belajar Bahasa Inggris

 

Bahasa Inggris menjadi bahasa yang sangat penting dalam kehidupan kita. Bukan hanya penting bagi orang pebisnis, namun untuk semua kalangan, karena Inggris sudah menjadi bahasa yang universal. Meski begitu, terkadang kita sulit memahami ‘bahasa asing’ tersebut. Dengan begitu banyak perbendaharaan kata, sedikitnya ‘pengalaman bersama’ dengan bahasa Inggris, dan tidak mengikuti kursus, akan membuat kita semakin tidak mudah mendalami bahasa Inggris. Hal yang menjadi fokus kita dalam belajar berbahasa Inggris meliputi tiga hal, yakni reading, listening, dan speaking. Melihat ketiga poin tesebut, setiap orang memiliki permasalahannya sendiri. Ada yang sudah dapat membaca dan memahami bahasa Inggris dengan baik tapi belum dapat berbicara dengan lancar. Ada juga yang sudah dapat lancar berbicara namun belum dapat mendengarkan suara yang menggunakan bahasa Inggris. Berikut ini tips dalam belajar bahasa inggris dengan cara yang tidak membuat jenuh dengan melatih ketiga poin diatas:

Try a game!

Ya, tips pertama dalam mempelajari bahasa Inggris yaitu melalui game yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa interaksinya. Bagi gamers sepertinya tidak perlu dianjurkan lagi untuk yang satu ini. Tidak heran kaum gamer ini biasanya memilki kosa kata mereka lebih banyak. Bermain game bukan suatu hal yang buruk selama dilakukan dengan kadar yang tepat. Seiring kita bermain game, mengikuti alur permainan, melaju ke level yang lebih tinggi, kita pasti akan menemukan bahasa yang belum kita kenal. Jika hal itu terjadi, catat kata tersebut dalam note. Kita bisa menggunakan buku kosong, atau pada komputer/laptop kita bisa menggunakan aplikasi text document atau Ms.Word. Setelah sekian banyak kata – kata yang telah tercatat, cari tahu apa artinya. Jika kalian terhubung ke internet, kalian bisa menggunakan Google Translate. Jika tidak, download satu aplikasi penerjemah bahasa offline di komputer atau gadget kalian. Salah satu contoh aplikasi untuk gadget yaitu ‘Kamusku’.

Kalian bisa menyusun note kalian dengan format seperti ini :

name    = nama

climb     = mendaki

wind      = angin

……………………….

……………………….

Daftar diatas hanya merupakan contoh bagaimana kita dapat menyusun kosa kata yang kita perlu hapalkan. Ada banyak model susunan lain yang mungkin lebih efektif dan efesien atau gunakan style-mu sendiri. Seperti modal kamus yang urut dari A-Z juga boleh!

Kali ini kita mencoba meningkatkan perbendaharaan kata kita dalam berbahasa Inggris. Setelah kita menuliskan kata asing yang baru kita temui, mencatatnya dalam note, dan telah mencari tahu artinya, luangkan waktu sejenak untuk menghapal bahasa Inggris tersebut beserta artinya. Tidak perlu menghapal semua kata tersebut dalam satu waktu. Cukup hapalkan sedikit demi sedikit sehingga ‘diluar kepala’. Jika ada 20 kata baru, hapalkan 4 diantaranya sejenak. Lalu lanjutkan menghapal yang lainnya. Lakukan kegiatan menghapal ini setiap kali kita akan memulai permainan itu lagi dan saat setelah kalian selesai bermain. Lebih baiknya lagi jika kalian meluangkan waktu senggang kalian untuk menghapalnya.

Hal ini akan membantu kita dalam membaca, berbicara, maupun mendengarkan bahasa Inggris dalam keseharian kita. Melalui game kita dapat mengetahui kata – kata yang sebelumnya tidak kita ketahui.

Read and Write!

Perbanyak membaca bacaan dalam bahasa Inggris. Bacalah bacaan yang ringan terlebih dahulu seperti artikel – artikel non-formal yang banyak tersebar luas di internet. Pikirkan satu topik yang menarik bagimu untuk dibaca. Konten tersebut bisa mengenai dunia remaja, trending topic, mengenai dunia kuliner, artis, hobi, dan lainnya. Artikel non-formal seperti itu biasanya menggunakan bahasa Inggris yang kosa katanya masih familiar. Dengan begitu, kita tidak begitu ‘kaget’ dalam membaca informasi tersebut. Seiring membaca, seperti tips sebelumnya, catat kosa kata yang belum kamu ketahui kemudian cari artinya dalam translator. Lakukan hal ini sampai kalian merasa kosa kata yang kalian miliki sudah cukup berkembang. Bacaan ‘tingkat selanjutnya’ dapat berupa informasi berita ataupun novel. Bacaan berita biasanya menggunakan kosa kata yang formal sehingga jarang kita dengar di keseharian kita. Cari berita mancanegara seputar bisnis, politik, atau sosial. Selain belajar bahasa inggris, kita juga menjadi up to date mengenai hal terkini di luar negri. Bagi pecinta novel, coba mulai lirik novel berbahasa Inggris. Novel biasanya juga memiliki kosa kata yang tidak familiar tergantung dari jenis novelnya. Selain itu, novel juga lebih sulit dipahami karena sudah terpengaruh berbagai majas di dalamnya.

Untuk melatih speaking. Seiring kita membaca lafalkan juga menggunakan mulut. Jangan takut salah ataupun ragu untuk berbicara. Perlahan tapi pasti, baca dan ucapkan dengan jelas. Jika kita lupa pelafalan suatu kata, kita bisa menggunakan bantuan Google Translate. Google Translate ini selain menyediakan fitur untuk menterjemahkan berbagai basaha, web aplikasi ini juga dapat melafalkan kata yang kita ketik melalui speaker kita. Caranya klik icon speaker (berwarna abu – abu) di kolom terjemahan bahasa (kiri maupun kanan) yang terdapat kata yang ingin didengar. Dengan ini, kita dapat belajar membaca, berbicara, dan mendengarkan.

Turn On The Music!

Musik merupakan satu dari sekian banyak sarana yang kita miliki untuk mempelajari bahasa Inggris dengan menyenangkan dan efektif. Bagi pecinta musik, ini akan menjadi menyenangkan. Cobalah dengarkan musik Barat favoritmu. Cobalah dengarkan lirik dari lagunya. Mendengarkan aksen asli orang Barat dalam berbicara memang menjadi permasalahan tersendiri. Oleh karenanya, jika belum dapat mendengarkan liriknya dengan jelas, browse liriknya di internet. Dengarkan ulang lagunya dan nyanyikan liriknya. Kembali lagi, lakukan pencatatan pada kata yang asing bagimu.

Disini kita  belajar berbicara dan mendengarkan. Alunan musik dan ritme musik yang asik akan memudahkan kita dalam menghapal dan melafalkan liriknya, dan pastinya tidak membosankan. Bruno Mars, Maroon 5, Justin Bieber, Beyonce, Ed Sheeran, Shawn Mendes? Siapapun  penyanyi atau band-nya, dengarkanlah beberapa musik dalam sehari. Isi waktu luangmu untuk refreshing dengan melakukan hal ini. Dengan ini, lambat laun pasti kita akan terbiasa mendengar bahasa Inggris dalam aksen aslinya.

Be Active!

Bermodalkan kosa kata dan pengetahuan yang kamu miliki dari proses belajar, saatnya mencoba mempraktekkan hal itu. Bergabunglah ke beberapa komunitas atau diskusi menarik yang menggunakan bahasa Inggris. Jangan ragu untuk berkomentar ataupun mengekspresikan ide. Selain itu, latih kemampuan bahasa inggris kalian dengan chatting dengan teman dalam bahasa Inggris. Chatting seperti biasanya, bahas apapun yang menyenangkan. Seiring percakapan, jika ada kata yang belum kita ketahui untuk dikatakan, catat dan cari tahu artinya. Dengan ini, kita akan terbiasa untuk berinteraksi dalam bahasa Inggris, setidaknya dalam bentuk pesan. Untuk berlatih berinteraksi secara langsung, kita dapat aktif di kelas dalam pelajaran bahasa Inggris atau dalam waktu senggang, lakukan percakapan bahasa Inggris singkat mengenai suatu topik dengan temanmu.

Repeat!

Yang terakhir dan yang terpenting, lakukan tips diatas secara berkala dan rutin. Melakukannya hanya sekali dua kali atau beberapa hari tidak menjadikannya efektif. Baca kembali ‘kamus pintar’-mu yang berisi kosa kata yang kamu ingin perdalam setiap kali ingin memulai kembali tips kegiatan diatas.

Belajar bahasa Inggris akan tidak membosankan dan jenuh jika dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Apalagi, melalui hobi pun, kita masih dapat belajar berbahasa Inggris. Lakukan tips diatas secara rutin untuk hasil yang optimal. Semoga bermanfaat.

Sumber:  dimensipelajar.wordpress.com

(dengan sedikit perubahan)

Iklan

3 respons untuk ‘Tips Belajar Bahasa Inggris

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s